RANGKAIAN KENDALI 1 LAMPU DENGAN 1 TOMBOL ON/OFF (ARDUINO UNO)

Penjelasan Singkat:
Hai sobat semua, berikut ini kita akan coba membuat rangkaian arduino yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan lampu LED dengan menggunakan 1 tombol on/off. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memahami cara kerja arduino yang salah satu pinnya  digunakan untuk mengendalikan keluaran pin lain, dimana satu pin di hubungkan ke tombol on/off dan satu pin yang lain dihubungkan ke lampu LED, sehingga kedepannya sobat bisa mengembangkan sendiri rangkaian yang menggunakan lebih dari 1 tombol dan lampu sesuai dengan kreativitas dan keinginan sobat masing-masing. Sobat bisa merangkainya sesuai dengan gambar berikut ini.

Gambar Rangkaian:


Cara Kerja Rangkaian:
Ketika Tombol S1 di Tekan maka Nilai dari Pin A0 akan bernilai HIGH, dan rangkaian akan memeriksa kondisi dari lampu LED, jika Lampu LED mati maka LED tersebut akan dinyalakan dengan memberikan Nilai HIGH pada Pin 8, dan sebaliknya jika LED dalam kondisi hidup maka LED akan dimatikan dengan memberikan Nilai LOW pada Pin 8 Arduino.
Sketch [Source Code] Arduino:
int tombol = A0;
int led = 8;

void setup() {
    pinMode (tombol, INPUT);
    pinMode(led, OUTPUT);
}

void loop() {
   if (digitalRead(tombol) == HIGH)
   if (digitalRead(led) == LOW) {
       digitalWrite(led, HIGH);
       delay(500);
    }
   else {
       digitalWrite(led, LOW);
       delay(500);
    }
}

Penjelasan Program:
int tombol = A0;
int led = 8;
Perintah diatas berfungsi untuk mendeklarasikan pin A0 pada arduino sebagai tombol dan pin 8 pada arduino sebagai led. Atau sederhananya kita memberitahukan pada program bahwa pin A0 selanjutnya kita sebut sebagai tombol dan pin 8 sebagai led.

void setup() {
    pinMode (tombol, INPUT);
    pinMode(led, OUTPUT);
}
Perintah diatas merupakan konfigurasi/pengaturan dari pin arduino yang akan kita gunakan sebagai tombol dan led, sehingga  pada saat program  dijalankan maka  program  akan  menjadikan  tombol [pin A0] pada arduino sebagai masukan [INPUT] dan led [pin 8] sebagai keluarannya [OUTPUT].

void loop() {
   if (digitalRead(tombol) == HIGH)
   if (digitalRead(led) == LOW) {
       digitalWrite(led, HIGH);
       delay(500);
    }
}
Perintah di dalam void loop();  adalah perintah yang akan di jalankan oleh arduino secara berulang dan terus menerus selama rangkaian dinyalakan. if (digitalRead(tombol) == HIGH); Perintah ini akan membaca status dari tombol, dan jika tombol di tekan [HIGH] maka selanjutnya program akan menjalankan perintah if (digitalRead(led) == LOW);  yang akan memeriksa kondisi dari lampu led, jika lampu led dalam kondisi mati [LOW] maka perintah digitalWrite(led, HIGH); akan memberikan nilai HIGH pada pin 8 arduino sehingga lampu Led Menyala. delay(500); disini berfungsi untuk menjaga kestabilan kerja rangkaian dengan memberikan waktu tunggu/delay selama 500ms untuk membaca penekanan tombol berikutnya. Sering juga disebut sebagai fungsi debouncing.

   else {
       digitalWrite(led, LOW);
       delay(500);
    }
Jkia pengujian pada perintah sebelumnya if (digitalRead(led) == LOW); tidak terpenuhi maka baris perintah didalam else {}  yang akan dijalankan. Perintah digitalWrite(led, LOW); akan memberikan nilai LOW pada led sehingga lampu led mati. delay(500); disini juga berfungsi sebagai debouncing.

Catatan Tambahan:
Jika Tombol [S1] di tekan secara terus menerus maka lampu LED juga akan menyala dan mati secara terus menerus dengan waktu tunda selama 500ms, ini terjadi dikarenakan  program akan membaca ulang nilai tombol setelah jeda waktu 500ms, dan jika tombol masih ditekan berarti nilai dari tombol tetap HIGH maka perintah pengujiannya akan terus dijalankan sehingga lampu LED dari mati akan menjadi hidup dan sebaliknya. 

Baiklah Sobat Semua, demikianlah tutorial cara mengendalikan sebuah lampu led dengan menggunakan sebuah tombol on/off. Dengan mengetahui dasar dan cara kerja rangkaian serta fungsi perintah pada (skecth) arduinonya maka sobat bisa mengembangkannya sendiri. Sehingga sobat lebih muda untuk membuat sebuah rangkaian yang lebih kompleks dan menarik.

Share this

Related Posts

First

1 komentar:

komentar
1 Agustus 2017 pukul 15.04 delete

Jika di buat 4 tombol dengan 4 lampu, bahasa program nya gimana pak??

Reply
avatar